Questions Book ( page 17 )


Hidup
Satu kata yang masih eksis walaupun ada bertahun-tahun lamanya
Tentu
Kata kan salah satu nenek moyang kita
Semua bahasa di dunia memiliki arti yang sama tentang kata itu
Apa dihatiku juga sama?
Apa arti hidup bagiku?
Masih sama kurasa
Satu kata yang masih sering aku kambing hitamkan
Satu kata yang sering aku kutuk
Atau kadang aku puja
Tergantung situasi, tentu saja
Selanjutnya
Apa artinya akan tetap sama?
Dan bagaimana kadarnya?
Apa kejelekannya yang terus dominan?
Atau kebaikannya akan muncul?
Mari selidiki hatiku
Seberapa bijak dia akan menilai?
Aku selesai menyelidiki dan jawabannya mengecewakan
Payah!
Aku akan terus menjelek-jelekannya
Atau memujinya sekalian
Seperti tadi, tergantung suasana
Aku kan manusia biasa, juga tau caranya mengutuk
Dan memuja, tentu saja
Munafik kan sifat dasar manusia
Sekarang, tergantung keputusan hidup itu sendiri
Dia ingin di nilai baik atau jelek
Kalau baik, dia tentu harus menyuapku dengan kebaikan juga
Tapi kalau jelek
Tidak perlu susah payah berusaha
Kejelekan akan selalu dekat denganku, dengan manusia
Karena kami ini makhluk busuk
Terbiasa mencium kebusukan
Lupa kalau wangi bisa begitu indah
Terserah kamu, hidup
Putuskan yang terbaik, ya
Tolong…

 
190307 ~ Black Rabbit ~