QUESTIONS BOOK ( page 2 )


Kalau aku menyalahkan sang maha itu lagi, maka aku yakin suatu saat aku akan sangat menyesal nanti
Menyesal karena merasa mengkhianati sang maha, melakukan dosa besar
Tapi apa sang maha itu akan memberikan jalan lain supaya aku tidak mengkambing hitamkan dia lagi?
Sudah beribu kali aku mengatakan kalau aku sudah lelah
Sudah berjuta kali aku mengeluh kalau aku sudah tidak sanggup
Tapi sepertinya sang maha sedang tidur
Dia tidak mendengarkan keluh kesahku, dan saat dia tersentak bangun dari tidurnya, dia kan mengatakan kalau dia sedang mencari waktu yang tepat untuk mengabulkan permintaanku, mendengar keluh kesahku, bukan mengatakan dia tertidur
Entah dalih atau apa, tapi bagaimanapun banyak orang yang mengatakan: hanya di atas yang tahu
Tapi sampai kapan aku harus bersabar menunggu dia terbangun dari tidurnya?
Sebulan? Sewindu? Satu dasawarsa?
Kapan?
Aku sudah menunggu selama dua puluj tahun
Dua kali satu dasawarsa aku menunggu dua bangun dari tidurnya
Tapi aku hanya mendapatkan dia tersentak beberapa detik, lalu tertidur panjang lagi
Ini masalah kepenatan
Ini masalah keputuasaan
Sesuatu yang tidak bisa dia rasakan karena ke-maha-annya, atau mungkin karena dia terlalu lelap tidurnya
Jadi apa yang harus aku lakukan sekarang?
Aku sudah melakukan kesalahan lagi, kan?
Jadi aku harus menebusnya dengan apa?
Katanya, kalau di pulau api semua orang akan mendapatkan hukuman
Pencopet akan dipotong tangannya berulang kali
Pembohong akan dipotong lidahnya
Pembunuh akan dibunuh berulang kali
Kalau hukuman untukku apa?
Aku sudah melakukan kesalahan dengan hatiku, pikiranku, jadi apa hukuman untukku?
Apa hatiku akan dicabut dari tempatnya?
Atau hatiku akan dibakar hidup-hidup?
Mungkin sebuah tombak akan ditusukkan ke hatiku
Tapi tahu kah kau, semua itu tidak akan menyembuhkanku?
Semua hukuman itu hanya akan membuatku lega sesaat
Lega, karena aku bisa merasakan semua pikiranku hilang seketika
Sesaat, karena ternyata semua pikiran itu kembali lagi ketempatnya walaupun aku sudah tidak punya hati lagi
Ini sulit, rumit, pelik
Semuanya tergantung denganmu, sang maha, engkau pemegang kendali
Sebuah mobil kalau tanpa supir tidak akan bisa jalan
Tidakkah kau lihat?
Tidakkah kau percaya?
Tidakkah kau mengerti?
Hanya dengan bangunnya kau dan mendengar keluh kesahku, menentukan akhir yang paling baik dan membahagiakanku, semuanya akan tamat
Selesai, finish
Sang maha, aku mohon, bangunlah dan gubris aku
Please…

 
050606 ~Na~