TIPS NULIS #12: PILIH GENREMU

Setelah kita mempelajari tips dan trik dalam menulis, kini saatnya kita membahas mengenai macam-macam genre dalam menulis. Sebenarnya ada begitu banyak jenis karya tulis dan kesemuanya memiliki spesifikasi tersendiri. Tapi pada kesempatan ini saya akan coba mengelompokkan genre secara umum saja.

Karya tulis popular terdiri dari dua jenis yang sudah begitu dikenal setiap orang, yaitu: fiksi dan non-fiksi. Karya tulis fiksi adalah karya yang ditulis berdasarkan imajinasi dan pemikiran penulisnya sehingga ada kemungkinan kejadian-kejadian yang dituliskan tidak pernah benar-benar terjadi atau mengalami dramatisasi dari penulisnya sendiri. Sedangkan karya tulis non-fiksi adalah bentuk tulisan yang disusun berdasarkan kisah nyata yang benar-benar terjadi, contohnya otobiografi.

Karya tulis fiksi juga terdiri dari beberapa jenis. Misalnya: novel, yang merupakan karya tulis paling panjang; novella, yang tidak sepanjang novel; cerpen, yang lebih pendek dari pada novella; hingga flash fiction, yaitu sebuah karya tulis super singkat.

Setiap karya tulis juga memiliki genre yang bermacam-macam. Pada zaman modern ini, genre-genre tersebut biasanya terdiri dari:
1.       Teenlit
Genre ini mencakup pangsa pasar generasi muda, biasanya adalah anak-anak SMP dan sebagian SMU. Tema yang dipakai biasanya sangat ringan, seputar kisah percintaan dengan teman sekelas, pencarian jati diri, pergaulan anak muda atau persaingan di lingkungan sekolah. Gaya bahasanya pun sangat santai dan terkadang menggunakan bahasa gaul.

2.       Chicklit
Ini genre yang sedikit lebih dewasa dibandingkan teenlit. Biasanya pangsa pasarnya mencakup anak SMU, Mahasiswa dan pegawai muda. Tema yang diambil pun sedikit lebih rumit, melibatkan penemuan jati diri, kisah cinta yang rumit atau kehidupan perkantoran. Tata bahasa yang dipakai juga sedikit lebih dewasa dan konfliknya pun sedikit lebih rumit.

3.       Romance
Ini adalah genre dengan tema kisah cinta yang ditujukan untuk kalangan dewasa. Biasanya menggunakan tokoh, konflik, bahasa dan tema yang jauh lebih berat dari pada genre teenlit dan chicklit.

4.       Komedi
Genre ini umumnya disukai semua kalangan, walaupun ada beberapa genre komedi yang ditujukan khusus untuk dewasa. Biasanya menggunakan bahasa gaul dengan cara penulisan yang ringan dan konflik yang konyol.

5.       Misteri
Nah, genre yang ini adalah genre yang tidak umum. Biasanya mencakup pangsa pasar yang lebih dewasa dengan tema yang penuh dengan kisah teka-teki dan menggundang rasa penasaran. Konfliknya pun membingungkan dan menggunakan tokoh-tokoh yang tidak biasa, misalnya seorang detektif.

6.       Horor
Kalau yang ini adalah genre yang paling tidak saya sukai karena biasanya menceritakan kisah seputar makhluk halus atau sesuatu yang tidak bisa dipikirkan dengan akal sehat atau bahkan tidak pernah terpecahkan. Saat ini genre horror juga bisa ditulis bagi berbagai kalangan dan usia, walaupun level konflik dan temanya tetap disesuaikan.

7.       Inspiratif
Kalau genre yang satu ini sering kali disamakan dengan otobiografi, padahal dua genre ini berbeda, loh. Otobiografi adalah kisah hidup seseorang yang dituliskan apa adanya ke dalam sebuah buku, sedangkan kisah inspiratif adalah cerita yang didasarkan pada kisah nyata seseorang dengan bumbu fiksi di dalamnya.

8.       Fantasi
Nah, ini dia genre favorit saya. Sesuai dengan namanya, genre ini adalah karya tulis yang dihasilkan murni dari imajinasi penulisnya. Semua tokoh, kisah, konflik dan bahkan lokasi dan latar belakangnya didapat dari kebebasan sang penulis untuk berimajinasi. Semua kalangan memiliki kisah fantasi mereka masing-masing, termasuk dongeng untuk anak kecil.

Nah, itu dia sebagian genre popular yang banyak beredar di toko buku saat ini. Setiap genre memiliki spesifikasi yang lebih detail lagi, tapi biasanya spesifikasi itu hanya dibedakan oleh detail kecil saja. Oh iya, masih ada banyak jenis karya tulis lain yang belum saya sebutkan, misalnya fanfiction, esai, puisi dan lainnya. Dunia sastra Indonesia memang begitu luas dan kaya ragam, kita seharusnya bangga dapat menghasilkan, walaupun, satu dari begitu banyak jenis.

Jadi, sudah menentukan genremu? Well, apa pun genre yang kamu pilih, pastikan saja kamu menulisnya dengan senang dan tanpa paksaan, karena semua hal yang kita lakukan dengan hati, pastinya akan menghasilkan yang terbaik.

So, selamat menulis, yah! (^_^)

230612 ~ Black Rabbit~