HURT LOCKER-AN EMOSIONAL WAR MOVIE


Bagi anda penggemar film perang yang sangat tidak menyukai film bergenre drama mungkin tidak akan meyukai film perang yang satu ini. Jika hampir semua film perang menceritakan tentang peperangan itu sendiri_ negara mana yang berselisih, seberapa banyak tentara yang mereka kerahkan, apa saja usaha mereka untuk menjatuhkan lawan mereka dan sebagainya_maka film perang yang satu ini berbeda.
Tokon utama film ini adalah Staff Sergeant William James ( Jeremy Renner ) yang merupakan seorang ranger U.S Army Explosive Ordnance Disposal (EOD) bersama dengan Sergeant JT Sanborn ( Anthony Mackie ) dan Specialist Owen Aldridge ( Brian Geraghty ). Mereka bertugas menyisir daerah berbahaya di medan perang yang berkemungkinan menyimpan begitu banyak bom untuk menjinakkannya dan menyatakan daerah itu aman untuk di lewati. Tidak seperti kebanyakan pemimpin pasukan yang selalu bersikap hati-hati dalam bertindak, maka James tidak. Sikapnya arogan dan nekad. Sering kali dia tidak segan melakukan apa yang dianggapnya baik untuk melakukan tugas-tugasnya tanpa perduli apakah jalan itu akan membahayakan nyawanya sendiri atau pun nyawa teman-temannya. Untungnya sifat yang dimilikinya itu hampir selalu berhasil sehingga membuatnya berhasil menaklukkan lebih dari 873 bom. Film ini menceritakan suka duka mereka menjadi seorang tentara yang berada di garis depan, mengenai emosi mereka, bagaimana mereka menyaksikan begitu banyak orang yang bersalah mau pun tidak bersalah meregang nyawa di depan mata mereka. Mereka juga harus kuat melihat teman-teman mereka tewas tertembak atau bahkan meledak berkeping-keping terkena bom dahsyat.
Benarkan film ini berbeda? Bukan hanya itu saja film ini juga dinobatkan sebagai salah satu film perang berdasarkan kisah nyata terbaik yang pernah di buat oleh para kritikus film karena begitu banyak nilai moral yang dapat di petik dari film ini. Bahkan film garapan sutradara Kathryn Bigelow yang berdurasi 131 menit ini telah mendapatkan begitu banyak penghargaan bergengsi setelah pemutaran perdananya pada 2008 silam. Menonton film ini mengingatkan kita bahwa tidak semua orang seberuntung kita sehingga bisa merasa aman dan bahagia. Ada segelintir orang di luar sana yang selalu berada di dalam bahaya. Tidak bisa tidur dengan tenang atau bahkan tidak bisa hidup dengan layak karena kekejaman perang. Juga tidak semua tentara dapat menjalankan tugasnya dengan bahagia. Tekanan emosional membuat mereka sangat tertekan dan tugas membuat mereka harus bisa menahan semua itu, demi negara, demi umat manusia, demi kedamaian. Dan juga, film ini mengingatkan kita bahwa tidak semua pahlawan dapat di hargai di lingkungan rumah mereka sendiri. James malah merasa begitu hampa saat masa tugasnya berakhir dan berada di rumahnya sendiri, di samping anak dan istri yang tadinya begitu di rindukannya selama berada di medan perang. Ada segelintir orang yang memiliki jiwa nasionalisme yang sangat tinggi, yang merasa 'hidup' saat berada di medan perang, yang merasa lebih di hargai saat mengenakan seragam mereka, mempertaruhkan nyawa menyelamatkan orang-orang yang bahkan tidak mereka kenal. Ada segelintir orang yang memang di takdir kan berada di sana, menjadi pahlawan, paling tidak bagi diri mereka sendiri. Ini semua mengingatkan kita juga bahwa perang adalah tindakan paling kejam yang pernah di sulut manusia. Terlepas dari pihak mana yang memulai dan melanjutkan aksi-aksi biadab itu. Tindakan apa pun yang menyangkut terorisme dan tindakan semena-mena yang mengakibatkan terbunuhnya begitu banyak orang tak berdosa adalah perbuatan kejam, dan alasan apa pun yang mendasari itu_keinginan menguasai, bujukan jihad, balas dendam atau bahkan uji coba_tidak bisa dibenarkan. Tindakan biadab tidak bisa di tutupi dengan alasan apa pun, paling tidak di mata Tuhan.
Jadi tidak ada ruginya menonton film ini. Paling tidak bisa menggugah sedikit rasa nasionalisme dan kemanusiaan anda untuk menghadapi atau hanya untuk menyikapi situasi dunia saat ini dimana telah begitu banyak perang yang tersulut dan lebih banyak lagi korban berjatuhan.
~Black Rabbit~