CARA MEMBUAT MANDALA

Hi! 🙋

Sudah baca artikel saya tentang mandala yang judulnya: 'MY NEW BAE: MANDALA' belum? Kalau sudah, di paragraf terakhir saya berjanji akan membuat artikel khusus tentang bagaimana membuat mandala. Betul?
Well, ini dia.

Oh iya, kalau kalian masih belum tahu apa itu mandala dan kenapa saya mau capek-capek membuat mandala, silahkan baca artikel sebelumnya. Semua saya jelaskan di sana.

Oke, seperti yang saya tulis di artikel sebelumnya, membuat mandala sangat mudah. Semua orang bisa membuat mandala, tidak ada batasan umur, atau genre khusus. Sebelum memulai kalian harus mempersiapkan alat-alatnya terlebih dahulu.

* Alat-alat yang dibutuhkan:
1. Kertas Gambar
     Note: kertas HVS juga boleh sih, tapi kertas khusus untuk menggambar lebih disarankan.

2. Penggaris
     Note: panjangnya bisa disesuaikan dengan ukuran kertas gambar yang digunakan.

3. Penggaris Busur Derajat
     Note: ukurannya juga bisa disesuaikan.

4. Pensil
     Note: saya menggunakan pensil mekanik agar sketsa yang saya hasilkan tipis dan gampang dihapus.

5. Jangka
     Note: yang ini ukurannya juga disesuaikan dengan ukuran kertas gambar, ya.

6. Spidol/balpoin

7. Penghapus

Sudah, itu saja. Mudah, kan?

Nah, sekarang kita mulai menggambar.

Ikuti langkah-langkah berikut ini:
1. Ambil titik tengah dari kertas gambar lalu buat tanda 'plus' yang ukurannya sama panjang. Bentuk bujur sangkar terlebih dahulu untuk lebih memudahkan.
(Gambar A)


2. Dengan menggunakan jangka, bentuk lingkaran di sepanjang garis. Jarak lingkaran yang satu dengan yang lainnya bisa disesuaikan menurut selera, tapi saya biasanya membuat lingkaran dengan jarak 0,5 cm sebagai dasar.
(Gambar B)


3. Buat garis diagonal di sepanjang lingkaran tadi menggunakan penggaris busur derajat. Jaraknya disesuaikan menurut selera, saya pribadi menggunakan jarak 5° untuk setiap garis.
(Gambar C-1, C-2 dan C-3)




4. Setelah garis dasar jadi, kita tinggal menggambar pola yang kita inginkan di sepanjang lingkaran menggunakan spidol atau balpoin. Pola dan warna apa pun dibebaskan di sini, tergantung kreatifitas kita. Ini yang saya namakan 'Outlining'.
(Gambar D)

5. Setelah puas dengan Outline yang kita buat, waktunya memberikan detail! Saya biasanya menggunakan spidol dengan ukuran lebih kecil. Sekali lagi, pola dan warna disesuaikan.
(Gambar E)

6. Jangan lupa hapus garis dasar yang tadi kita buat jika memang merasa tidak diperlukan lagi. Saya biasanya menghapus garis dasar setelah saya selesai menggambar detail atau sebelum mulai mewarnai. Hati-hati, jangan sampai kertas gambarnya sobek, yah.
(Gambar F)

7. Masih kurang puas? Tambah detail lagi, atau jika memang ingin, warnai saja sesuai keinginan. Lalu.... TA-DA!! Selesai!! 🙌


Selamat, kamu sudah berhasil menggambar mandala versimu sendiri! Asik, yah? 🙆

Sebenarnya dasar lingkaran yang saya buat ini bukan standart khusus, loh. Saya membuat dasar ini setiap kali saya mau membuat mandala agar gambar yang saya hasilkan bisa lebih rapi. Tapi jika kalian tidak mau repot-repot membuat garis dasar juga tidak masalah, kok.

Oh iya, ada beberapa tips yang perlu saya tambahkan untuk membantu kita mendapatkan hasil yang maksimal.
1. Gunakan kertas gambar yang bagus. Kertas HVS memang lebih mudah didapat, tapi kertasnya cenderung tipis, jika kita menggunakan spidol atau balpoin berujung tajam akan membuat permukaan kertas menjadi sobek. Beberapa spidol malah akan merembes ke belakang kertas jika digunakan di kertas HVS.

2. Pilihlah kertas gambar yang tidak berbulu, sehingga proses mewarnai akan lebih mudah.

3. Merk spidol/balpoin/pensil gambar memiliki ukuran berbeda-beda, harus diperhatikan. Saya lebih memilih yang berukuran runcing untuk membuat detail dan spidol yang lebih tebal untuk outlining.

4. Gunakan penghapus yang bagus. Beberapa penghapus 'biasa' tidak bisa menghapus bekas pensil dengan sempurna. Oh iya, pelan-pelan saat menghapus jangan sampai kertas gambar menjadi sobek atau terlipat.

Saya sengaja tidak menyebutkan merk produk semata-mata karena saya memang tidak berkeinginan meng-endorse merk tertentu, jadi mohon maaf jika ada beberapa detail produk yang mengacu pada merk tertentu.

Tujuan membuat mandala adalah untuk bersenang-senang. Jadi, tidak ada yang salah dan benar dalam menggambar mandala. Sama sekali tidak ada aturan untuk semua pola, warna dan ukuran. Kalian bisa menambahkan bentuk bunga, hewan, pohon, bahkan manusia sekalipun. Bebas sebebas-bebasnya! Berkreasilah sesuka hatimu, nikmati prosesnya dan nikmati hasilnya.

So, selamat bersenang-senang!! 😄