STAR TREK-THE FABULOUS PREKUEL


Film garapan JJ. Abrams ini adalah remake dari rangkaian Star Trek laga yang telah tersaji baik dalam bentuk movie atau pun serial televisi sejak tahun 1960-an yang menjadi fenomena tersendiri bagi para penggemarnya. Film berdurasi 127 menit ini menceritakan kisah hidup dua anak laki-laki yang nantinya akan menjadi seseorang yang memiliki kedudukan penting di Enterprise, sebuah pesawat ruang angkasa yang digunakan untuk menjelajah antariksa. Dua orang itu adalah James Tiberius Kirk ( Chris Pine ) yang adalah anak laki-laki dari ras manusia yang juga merupakan anak dari seorang kapten pesawat Enterprise yang terkenal yang meninggal saat Kirk dilahirkan; dan Mr. Spock ( Zachary Quinto ) seorang anak laki-laki jenius dari bangsa Vulcan yang memiliki darah campuran manusia dan selalu berusaha membuktikan diri kepada semua orang bahwa darah campuran yang dimilikinya tidak membuat kemampuannya sebagai seorang jenius terhambat karena emosi manusia yang meluap-luap. Kirk yang urakan dan Spock yang kaku berusaha bersahabat saat pesawat yang mereka tumpangi harus melawan musuh dari klan Romulus yang dipimpin Kapten Nero ( Eric Bana ) yang memiliki dendam mendalam kepada Spock. Dan walaupun perebutan kekuasaan sebagai Kapten pesawat terus terjadi antara mereka berdua, toh akhirnya keduanya dapat membuktikan diri bahwa emosi manusia yang meluap-luap itu dapat selaras dengan logika dan keberanian.
Imej film remake yang gagal dipasaran memang sempat membuat ragu apakah film yang satu ini akan berhasil, tapi sepertinya JJ. Abrams dan Damon Lindelof sebagai Produser telah mensiasati kemungkinan ini. Di mulai dengan trailer filmnya yang unik, yang tidak menampilkan satu tokoh pun tapi hanya serangkaian video yang memperlihatkan pembangunan sebuah pesawat luar angkasa besar dan menakjubkan yang membuat penasaran, proses syutingnya pun sangat dirahasiakan dengan menggunakan judul samaran untuk mengelabui wartawan dan siasat yang paling diandalka adalah dengan menggunakan aktor-aktor muda sebagai pemeran utama. Seperti Chris Pine yang juga bermain di film berbugjet kecil berjudul Carriers yang secara kebetulan masih tayang di bioskop pada saat Star Trek di tayangkan dan Zachary Quinto yang sangat terkenal dengan peran antagonisnya sebagai Sylar di serial televisi terkenal Heroes. Keduanya memiliki bakat acting yang tidak diragukan lagi dan yang paling penting adalah wajah baru yang masih segar di ingatan para penonton sehingga mereka tidak mendapatkan karakter kesayangan mereka sebagai tokoh yang sudah cukup berumur sama seperti pada film serinya. Kemunculan Eric Bana yang berperan antagonis dengan kepala botak dan penuh tato juga menjadi pemandangan yang menyegarkan, belum lagi kemunculan Winona Ryder yang walaupun tidak terlalu sering tampil tapi tetap saja memikat.
Secara umum, film remake ciptaan Gene Roddenberry yang lebih pantas di sebut prekuel ini bisa dibilang cukup berhasil memuaskan penontonnya, terutama penggemar yang belum sempat menonton rangkaian saga itu sebelumnya karena film ini menceritakan kisah mereka sebelum berhasil memegang kekuasaan tinggi di Enterprise. Tapi bukan berarti penggemar lamanya tidak bisa menikmatinya juga. Dengan tetap mempertahankan bentuk pesawatnya, karakter tokoh dan ide cerita original, penggemar fanatiknya akan bisa mengikuti dan mengagumi alur ceritanya yang cepat dan humor-humornya yang segar. Bahkan spin off khas film seri Star Trek_yang walaupun di tampilkan di akhir film, bukan di awal film_dan juga salam khas bangsa Vulcan yang sangat terkenal itu tetap dimunculkan. Unsur kekerasan dan nudity pun sangat minim di film ini sehingga cukup aman untuk di tonton anak-anak di bawah umur sekalipun, walaupun tetap saja terdapat penjelasan-penjelasan ilmiah mengenai fisika kuantum dan tetek bengeknya yang hanya bisa dimengerti segelintir orang saja. Secara keseluruhan, film andalan Paramount Pictures untuk bulan September ini diperkirakan akan dapat bertahan selama beberapa minggu ke depan dan menjadi salah satu dari sedikit deretan film remake yang berhasil.
~Black Rabbit~